Kegiatan PDSP Online PPLP Dhyana Pura Badung dan Jembrana

Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) Dhyana Pura  Badung dan Jembrana menggelar kegiatan Pembinaan Dasar Sikap dan Profesi (PDSP) mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 yang dimulai pada hari Kamis, 19 Agustus 2021 dibuka oleh Direktur PPLP Dhyana Pura Bapak I Gede Agus Mertayasa, SE, MM.  Dalam kondisi pandemi dan pemberlakuan PPKM level 4 di Bali maka kegiatan ini dilakukan secara daring. Mahasiswa baru mengikuti melalui zoom meeting.

Dalam sambutannya Direktur memberikan motivasi bagi mahasiswa baru bahwa ini adalah saatnya bagi mahasiswa baru mempersiapkan diri menjadi  insan pariwisata yang kompeten, professional dan berkarakter untuk bersiap diri mengambil bagian dalam memulihkan kondisi pariwisata di Bali yang terdampak pandemi covid 19. Banyak kesempatan dan peluang yang terbuka di masa yang akan datang.

Hari pertama kegiatan PDSP diisi dengan kegiatan pengenalan sistem akademik kampus antara lain sistem pembelajaran, kedisiplinan mahasiswa, proses training, sistem administrasi keuangan dan program SIMAS yaitu program sistem informasi akademik mahasiswa yang merupakan sistem pelayanan akademik terpadu lewat online. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk pembinaan sikap, memperkenalkan program dan lingkungan kampus kepada mahasiswa baru agar mahasiswa baru mengenal dan mampu beradaptasi serta memperlancar program pendidikan dan pelatihan yang akan diikuti di PPLP Dhyana Pura.

Di hari kedua pada hari Jumat 20 Agustus 2021 kegiatan dilanjutkan dengan Webinar dengan menghadirkan 2 (dua) orang narasumber dari praktisi di industri perhotelan yaitu ibu Jacinta J. Widiana Director Human Resources  Alila Seminyak Kuta dan I Gusti Bagus Okta Viandra dengan jabatan terakhir sebagai Director of Human Resources Renaissance Bali Uluwatu Resort and Spa yang juga merupakan alumni dari PPLP Dhyana Pura lulusan tahun 2002

Masing-masing narasumber sangat memotivasi mahasiswa baru untuk berani mengambil kesempatan agar bisa menjadi insan pariwisata yang kompeten, professional dan berkarakter. Ibu Jasinta berbicara mengenai GROW yaitu Goal, Reality, Opportunities dan Will untuk menanamkan sikap agar mahasiswa PPLP membentuk pola pikir,  memiliki tujuan dan berani mengambil kesempatan serta mampu untuk mengantisipasi realita atau hal-hal yang terjadi dalam proses mencapai tujuan mereka. Sedangkan Okta lebih banyak membagikan pengalamannya saat mengikuti pendidikan dan pelatihan di PPLP Dhyana Pura sampai bisa mencapai karirnya sampai saat ini. Okta juga lebih menekankan pada hal mendasar yang harus dimiliki untuk menjadi insan pariwisata yang kompeten, profeional dan berkarakter harus memiliki skill, knowledge dan attitude yang baik. Dari semua itu attitude harus menjadi dasar yang kuat dan harus memiliki kepercayaan diri, memahami tujuan hidup dan memiliki rasa ingin melayani dan menolong sesama.

PDSP ini diikuti dengan sangat antusias oleh mahasiswa baru baik PPLP Dhyana Pura Badung maupun PPLP Dhyana Pura Jembrana dengan melakukan interaksi tanya jawab dengan narasumber walaupun dilaksanakan melalui daring. Keseluruhan program studi yang mengikuti PDSP tahun ini adalah Program 3 tahun; Manajemen Makanan dan Minuman, Manajemen Akomodasi Perhotelan, program  2 tahun ; Tata Hidangan , Tata Boga, Food and Beverage, Akomodasi Perhotelan dan program 1 tahun; Tata Hidangan, Tata Boga, Tata Graha dan Kantor Depan.  

Melalui kegiatan ini mahasiswa baru diharapkan memahami  arti pentingnya program pendidikan dan pelatihan yang akan ditempuh dan memberikan pendidikan karakter bagi mahasiswa baru serta mampu menjadi pelaku industri pariwisata yang kompeten, profeional dan berkarakter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *