Butler Service

Tidak berlebihan rasanya bila salah satu kunci kemenangan persaingan antar hotel pada tingkat persaingan industri perhotelan yang semakin tinggi saat ini adalah terletak pada pelayanan yang diberikan. Pada umumnya tamu yang datang ke suatu hotel memiliki harapan yang lebih dari sekedar untuk mendapatkan kenyamanan beristirahat, menginap, maupun makan dan minum. akan tetapi berharap mendapatkan pelayanan yang setara bahkan lebih dari apa yang mereka inginkan.

Industri perhotelan berlomba-lomba memberikan layanan yang terbaik kepada tamu selama menginap dihotel, mulai dari layanan biasa sampai dengan layanan khusus personal disediakan. Layanan Butler service merupakan trobosan baru di indutri perhotelan dalam memberikan kepuasan pelayan kepada para pelanggan. Layanan butler ada untuk memberikan nuansa yang berbeda dalam memberikan kepuasan pelanggan semaksimal mungkin. Layanan ini bersifat personal selama tamu menginap dihotel dengan pelayanan petugas yang sama. Adanya pelayanan personal itu maka keterikatan tamu dan pelayan sangat dekat sehingga perlu adanya kemampuan cara berkomunikasi yang bisa saling memahami antara petugas butler dengan tamu yang dilayani. Pemahaman kharakter tamu yang dilayani secara personal membutuhkan kemampuan khusus karena tamu mempunyai hal-hal yang berbeda satu dengan yang lainya. Sehingga komunikasi dua arah yang terjalin dengan baik lebih dapat mendekatkan satu sama lainya.

Butler berasal dari bahasa perancis Bouteille yang berarti botol dan bottler (Inggris) atau butticula (Latin) yang bertanggung jawab atas ruang makan termasuk ruang penyimpanan wine dibawah tanah (wine cellar) Posisi pelayan senior dalam sebuah rumah tangga yang sudah ada sejak ratusan tahun di Britania Raya dan daerah jajahannya.

Mengadopsi kebutuhan pelayan khusus tersebut di era perkembangan modern seorang Butler service dituntut untuk mampu memberikan sejumlah layanan kepada tamu baik di Front Office, Housekeeping, maupun Food and beverage departemen. Pada dasarnya layanan Butler merupakan salah satu bidang layanan/jasa yang dituntut untuk memiliki multiskill. Butler diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan mengerjakan tugas dan tanggung jawab dari seluruh departemen, karena Butler difungsikan sebagai orang pertama yang mengerti segala kebutuhan tamu selama menginap, kemudian sebagai jembatan informasi antara tamu dan hotel, Seorang Butler dituntut tuntuk memberikan kepuasan tamu, baik di Front Office, Housekeeping maupun Food & Beverage.

Mengingat trend “butler service” pada hotel dan villa khususnya di Bali semakin meningkat  tentu hal ini berdampak pada semakin banyak dibutuhkanya tenaga-tenaga trampil di bidang Butler Service.

Menjawab tantangan ini Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) Dhyana Pura membuka program studi BUTLER SERVICE 2 TAHUN, Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) Dhyana Pura yang berdiri pada tahun 1987 telah mencetak ribuan tenaga-tenaga handal dan profesional di bidang pariwisata dan perhotelan.  dengan pengalaman Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) Dhyana Pura selama puluhan tahun mengelola bidang studi dari Kantor Depan, Tata Graha, Tata Hidangan, Tata Boga dari program 1 – 3 tahun,  dengan fasilitas lengkap yang dimiliki, bagi generasi muda yang ingin menguasai multiskill dan menekuni bidang Butler Service Pusat Pendidikan dan Latihan Pariwisata (PPLP) Dhyana Pura adalah tempat yang tepat untuk anda.

PPLP Dhyana Pura siap mendidik dan melatih anda menjadi tenaga Butler professional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *